::jujur sebagai karakter seorang muslim::

6:18 AM 4/5/2007

Berbicara mengenai suatu kejujuran, bukanlah hal yang mudah saat ini. Bahkan arti kata jujur mengalami penyempitan makna yang sedemikian rupa. Ketika kebohongan menjadi hal yang biasa. Hmm..terlebih lagi saat tanggal 1 April kemarin, mungkin banyak orang yang sengaja untuk berbohong tanpa ada rasa bersalah saat dia berbohong. Ya, dan saya mengalami hal tersebut.

Ceritanya, di tanggal 1 April malam, saya kedapatan suatu SMS dari seorang adik kelas. Saya cukup shock saat membaca SMS itu karena SMS itu berisi mengenai berita kematian, “Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un, Telah berpulang ke Rahmatullah karena kecelakaan mobil seekor semut yang tengah berjalan di tengah keramaian kota”. Mungkin, kalau anda membaca lewat layar hp anda, anda akan membaca bagian demi bagian dari sms tersebut, dan awalnya mungkin anda menjadi tidak ngehh… dengan guyonan di atas. Dan kata-kata terakhir yang diungkapkan oleh adik kelas saya itu adalah “he… he ketipu…, ini kan April Mop”

Kembali ke laptop…

Bagi sahabat-sahabat sekalian, sekali lagi, mungkin itu kasus yang sederhana, terlalu sepele untuk dibicarakan. Namun, saya ingin mengajak sahabat disini untuk lebih berpikir jauh, menerawang lebih jauh mengenai apa arti kata jujur. Bukan maksud saya untuk menjadi manusia yang sok suci, namun inilah sebuah pemahaman saya pribadi mengenai kejujuran.

Kejujuran merupakan wujud dari keberanian yang kita miliki terhadap apa yang kita yakini, kalau seandainya kita tidak bisa melakukannya, maka satu hal, mungkin, kita belum seratus % meyakini hal yang kita yakini. Padahal karakter jujur merupakan sifat yang secara fitrawi harusnya ada dalam diri seorang muslim. Mungkin, mencari orang jujur saat ini hampir sama mustahilnya dengan mencari jarum di tumpukan jerami. Jujur bukanlah semata-mata tidak berkata dusta, karena ketika kita mengatakan suatu kebenaran yang kita yakini, maka itu juga kejujuran.

Sangat menyedihkan ketika Indonesia dengan penduduk yang mayoritas muslim (at least KTP-nya), namun banyak diantaranya (mudah-mudahan bukan kita) yang tidak menjadikan jujur sebagai bagian kepribadiannya, entah hal apa yang membuat kita sebagai muslim menjadi seperti itu. Apakah karena kita takut?

Hmmm… kalau kita takut, rasanya jadi aneh, bukankah nilai kecil itu suatu yang biasa, bukankah menjadi orang pas-pasan pun juga biasa. Yang menjadikan seseorang luar biasa adalah karena ikhtiarnya. Thomas Alfa Edison tidak menemukan lampu dengan melihat percobaan orang lain, namun ia menemukannya dengan kegagalan-kegagalan yang ada, begitu juga dengan Einstein, atau pun Kolonel Sanders (KFC)

Sebuah kisah nyata menarik yang terjadi di zaman Rasulullah adalah ketika ada orang yg baru masuk Islam bertanya kepada Rasul bahwa ia belum mampu untuk mengikuti gerakan sholat dan kewajiban lainnya, konon, Rasul hanya memintanya untuk berlaku jujur. Ketika ada seorang warga negara Inggris yang masuk Islam, dan belum bisa sholat serta puasa, saya minta dia untuk berlaku jujur saja dahulu. Orang asing itu terperanjat. Boleh jadi dia kaget bahwa betapa Islam memandang tinggi nilai kejujuran. Kini, saya yang terperanjat dan terkaget-kaget menyaksikan perilaku kita semua yang sudah bisa sholat dan puasa namun tidak mampu berlaku jujur.

Hal ini merupakan bagian dari refleksi hidup saya… Tentang bagaimana menjadikan jujur itu sebagai karakter bagi diri saya pribadi. Mungkin apa yang anda lihat mengenai mungkin belum sesuai dengan apa yang saya tulis disini. Namun satu hal, Allah lah yang akan menilai semua amalan kita. Semua akan dihisab secara pribadi, bukan kelompok. Oleh karena itu, jaga diri kita dari hal tersebut.

Allahu a’lam bisshowwab…

Kebenaran datangnya dari Allah SWT dan kesalahan datangnya dari saya pribadi sebagai seorang manusia biasa

-Communista_44-

One response to “::jujur sebagai karakter seorang muslim::

Leave a Reply

